Tenggang Rasa

Itu pelajaran anak SD apa nggk sih? Jawabannya Iya.

Tapi kenyataannya ? usia semakin tua maka pelajaran Sd ini semakin memudar bersama dengan pengamalannya. Dan itu juga gw rasain. Gw ckup dibuat pusing ketika anak les gw telepon.

Betapa malunya gw Waktu aku ditanya anak lesku kayak gini .. begini nih percakapan yang terjadi :

V : ‘ BUk, Tenggang rasa itu yang kayak apa bu?’

D : ‘ hemmm… kayak apa ya? Hemmm’
( Lama berpikir. . Cuma diem..)   
                 
V : ‘buk tenggangrasa contohnya apa?’

D : ‘bentar ya ibu baru ngerjain skripsi. Nanti ibu kirim lewat SMS’ ( mulai bingung mencari arsip didalam otak. Bingung nggak bsia jawab. Langsung ngeles)

V: ‘ ya bu, cepet ya?’

D: ‘ya’ ( jawaban singkat penuh Kebingungan )

Jujur gw malu dan bingung waktu ditanya ini. Bingung karena gw lupa apa itu tenggang rasa definisi contoh .. apalah itu.. gw lupa.. sama kayak penduduk bangsa ini lupa apa itu tenggang rasa. Malu jujur.. masak pertanyaan sepele gini nggk bisa, yang Tanya anak SD lagi.

Tapi itulah realita kehidupan.

Orang itu lupa apa itu tenggang rasa gimana ngamalinnya, gimana juga ngejalaninnya. Semua seperti pelajaran anak SD aja. SD tamat, Tenggang rasa juga ikut tamat.

Contoh paling gampang yang gw temuin setelah membaca teorinya. Ternyata tenggang rasa itu dah ilang diantara penghuni kost.
Buat orang yang kostnya rame – rame, sudah ilang yang namanya sikap saling menjaga perasaan antar penghuni kost. Buat kost dengan kamar mandi luar yang dipake rame – rame. Biasanya bakal ada jadwal piket yang dilakukan bergiliran semua penghuni kost, tugasnya nyikat kamar mandinya. Kalau dikost itu ada jatah piket, biasanya males ngejalanin jadwal piket itu. Alesannya sibuk, padahal jam buat nonton film ganteng – ganteng srigala aja ada, tapi buat nyikap tuh kamar mandi 10 menit aja nggk ada. Maunya make, nggk peduli siapa yang udah bersihin sebelumnya. Sikap mau make ja , sama nggk mau tahu ini yang dinamakan ‘hilangnya rasa tenggang rasa’.

Jadi sebagai orang dewasa yang udah lulus pelajaran PKN kalo dulu PPKN kalo dulu Kewarganegawan. Masak lupa dan nggk bisa ngamalain rasa tenggang rasa.. hehehe




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyesap Rindu Dalam Coding (Sastra Edan #7)

Bikin Amplop Cantik

Kost Anyar Nyah...