budaya bully


hoohoo..

budaya bully makin merebak di Indonesia. nggak dipungkiri seh, aku kadang juga ngebully orang. tapi kalau keadaannya dah ngejekelin banget. ngbully adalah kecenderungan menjelek jelekkan orang lain. atau memperburuk citra orang lain.

ini susah banget di ilangin dari budaya masyarakat. apalgi kalau masyarakat itu suka ngebully. menurut pengalaman, anak yang suka membully orang lain. mungkin juga karena budaya dalam kehidupan pertemanan atau kehidupan dalam keluarga. kalau dalam hidup gw ni, yang berpengaruh jadi kenal bully itu kehidupan teman - teman. dari SD sampai - kuliah hidup gw juga nggak jauh dari bully. mau dalam bentuk omongan ringan maupun dalam omongan yang nggak ringan banget. maksudnya ejekan ringan sampai ejeken yang siap bikin mental jadi sekecil kacang polong. :(

tapi bisa juga bully itu dimulai dari orang tua. orang tua yang selalu marah - marah atau mengejek tetangga. suka ngrumpi, dia menumbuhkan budaya bully dalam diri anaknya.

terlepas dari akar budaya bully itu hadir. bully kadang bikin orang makin tertekan dengan keadaannya yang sudah tertekan. pengalaman gw, melawan perasaan bully dan menjadi pribadi yang percaya diri dan EGP (emang gw pikirin) itu susah banget dan butuh banyak waktu untuk belajar hal ini. satu tahun nggak cukup. ketika orang dibully yang paling penting itu selalu percaya ada satu orang sahabat yang nggak akan pernah ninggalin kamu selain keluarga kamu.  itu penting banget.

bully itu bisa bikin orang jadi introvet banget. ini yang pernah gw alami, dan hal ini juga yang gw amati dari temen - temen yang kena dampak bully. hemmm... jadi pribadi yang tertutup, dan susah banget cerita sama orang lain. hoooo... ini berat banget masalahnya. :o

gw harap sih bully bisa berhenti.. cepat atau lambat. tapi kayaknya ini jauh dari kenyataan. hahhahahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyesap Rindu Dalam Coding (Sastra Edan #7)

Bikin Amplop Cantik

Kost Anyar Nyah...